HARGA DAGING MEUGANG DI BANDA ACEH STABIL

Foto Zulfan Yacoeb Muhammad Ibrahim.


Berdasarkan informasi dari Dinas Pangan, Peternakan, Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (DP2KP) Banda Aceh, ketersediaan ternak yang akan dipotong sebanyak 300 sapi, tiga kerbau, dan 15.400 unggas. “Dan hasil pantauan, harga daging sapi hari ini di Banda Aceh berkisar Rp140 ribu hingga Rp160 ribu per kilogramnya,” ujar Taufik.

“Sedangkan untuk lokasi penjualan penganan berbuka puasa kita pusatkan di 10 lokasi yaitu di Jalan TP. Dibaroeh -samping Gedung ITLC, Jalan Twk. Daudsyah-Peunayong, Jalan Sultan Iskandar Muda-Simpang Punge Blang Cut, Jalan T. Iskandar-Simpang Tujuh Ulee Kareng, dan Jalan Hasan Saleh-Neusu Jaya,” katanya. “Lokasi lain yakni di Jalan T. Hasan Dek-Simpang Jambo Tape, Jalan SR Safiatuddin-Peunayong, Jalan Rama Setia-Lampaseh Kota, kawasan depan Masjid Taman Makam Pahlawan-Peuniti, Jalan Mr. Mohd Hasan-Batoh, dan Jalan P Nyak Makam. Penjualan hanya dibolehkan bakda Ashar,” kata Taufik.

Meugang merupakan salah satu tradisi yang sudah turun temurun diadakan di Aceh. Terutama menjelang bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Meskipun harga daging kadang lebih mahal dari hari biasanya, daya beli daging meugang tetap saja tinggi.  Namun kali ini pemerintah kota banda Aceh menjamin harga daging tetap stabil.

Selain harga daging, katanya, Pemko Banda Aceh juga akan memastikan harga kebutuhan pokok seperti beras dan gula tidak mengalami lonjakan harga dalam bulan puasa ini. “Kita bekerjasama dengan Bulog dan lembaga-lembag lain untuk menggelar pasar murah di beberapa titik untuk menjaga kestabilan harga.”
Mengenai stok barang kebutuhan pokok selama Ramadan hingga Idul Fitri, wali kota mengatakan mencukupi. “Kita sudah perhitungkan semua, dan stoknya cukup hingga dua bulan ke depan. Stoknya selalu kita kontrol untuk menjamin kebutuhan warga kota, dan harganya juga harus selalu terkendali,” katanya,”()

***
Lebih baru Lebih lama
BACAKOTA