BAGAIMANA MEDIA LUAR NEGERI MEMBAHASAKAN SETYA NOVANTO




Hanya mereka yang tidak menonton tv, tidak membaca koran, tidak punya paket internet dan belum bayar tagihan WiFi yang tidak tahu betapa dramanya kisah “setya novanto” dan “tiang listrik”. Bahkan akun instagram yang bertema sepak bola pun mengunggah video Gerrard Pique, pemain FC Barcelona, yang menabrak tiang gawang dengan komentar papah nambrak tiang. Dan kemungkinan kontroversi itu akan terus berlanjut dengan bahasa-bahasa yang terus menggelitik namun penuh amarah.



Namun bagaimanakah media luar negeri membahasakan tokoh yang dipanggil “papah” ini.



Dalam postingan terbaru abc.net.au¸sebuah media berita Autralia, menggambarkan Setya Novanto sebagai sosok yang sangat luar biasa dengan bahasa-bahasa seperti  “the most important politician” yang artinya “politikus paling penting”  atau pernyataan “Mr. Setya is well extremely well connected” yang berarti kurang lebih “Pak Setya memiliki koneksi yang sangat kuat”.






Selain itu, abc.net.au juga mengaitkan kehebatan Setya Novanto dengan pernyataan Donald Trump, presiden terpilih Amerika Serikat, yang menyebut Setya Novanto sebagai “great man”, laki-laki yang luar biasa. Mungkin sekarang kita baru sadar dengan apa yang dikatakan Trump, memang saat ini beliau adalah manusia yang luar biasa, menabrak tiang listrik yang disalahkan malah tiang listrik.



Kehebatan beliau tidak berhenti disitu, KPK yang merupakan satu-satunya lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia pun dibuat pusing, bagaimana tidak, dari 11 kali panggilan yang dilayangkan terhadap Setya Novanto, tidak ada satupun yang sukses. Begitulah yang digambarkan oleh media Australia ini dalam pernyataan mereka yang berbunyi “KPK investigators has summoned Mr Setya 11 times, without success”, kurang lebih artinya “penyidik KPK telah memanggil Pak Setya sebanyak 11 kali, namun tidak berhasil”.


 
Lain ABC lain pula The Star, media berbahasa inggris terbitan Malaysia ini menyebut kejadian kecelakaan Setya Novanto ini dengan sebutan “Bizarre Drama” atau “drama yang aneh”. Selain itu di paragraf yang sama The Star menggambarkan Setya Novanto sebagai sosok yang kaya raya dengan menyebutkan tempat tinggal Setya Novanto dengan sebutan “palatial estate” atau perumahan elit, memang pernyataan ini terlihat positif namun bernada negatif, terdengar seperti menyindir betapa kayanya tersangka koruptor dua kali ini. Pernyataan ini pun kembali didukung dengan pernyataan lainnya yang menyebutkan “KPK mendatangi kediaman Setya di perumahan elit miliaran dollar yang dikenal memiliki kesenjangan luar biasa antara miskin dan kaya”.  
 
     
sumber: 
https://www.thestar.com.my/news/regional/2017/11/17/elusive-indonesia-politician-hospitalised-as-graft-charges-loom/

http://www.abc.net.au/news/2017-11-16/indonesian-speaker-wanted-over-corruption-scandal-missing/9159116                                                      


Lebih baru Lebih lama
BACAKOTA